Selasa, 23 Juli 2013

MINICASE HERTZ GOES WIRELESS



    Industri rental mobil sangat kompetitif, dan Hertz (hertz.com), perusahaan rental mobil terbesar di dunia berkompetisi melawan ratusan perusahaan di ribuan tempat. Kompetisi berfokus pada perolehan pelanggan dan loyalitas. Dalam beberapa tahun terakhir, kompetisi telah diintensifkan, dan keuntungan industry telah ditekan.

   Hertz telah menjadi penggerak utama teknologi informasi sejak tahun 1970, sehingga menjadi pionir beberapa aplikasi mobile commerce:
-             Quick rentals, ketika tiba di bandara, karyawan Hertz menyapa anda, mengkonfirmsikan reservasi anda, dan mengirim nama anda secara nirkabel ke tempat rental. Pegawai tempat rental menginformsikan kepada karyawan penjemput tentang tempat mobil anda. Anda hanya perlu menuju slot dimana mobil diparkir dan berangkat. System ini sekarang menjadi bagian dari jaringan wireless nasional yang dapat mengecek kartu kredit, memeriksa riwayat rental, mendeterminasi pada perusahaan penerbangan mana seharusnya kredit anda diajukan dan masih banyak lagi.
-          Instant returns. Sebuah perangkat genggam yang terhubung ke database melalui system wireless untuk mempercepat transaksi pengembalian. Tepat di tempat parkir, petugas rental menggunakan perangkat genggam yang secara otomatis mengkalkulasi biaya rental dan mencetak struk untuk penyewa. Semuanya selesai dalam waktu kurang dari 1 menit, dan anda sama sekali tidak perlu masuk ke kantor rental.
-                 In-car cellular phones. Sejak tahun 1988, Hertz mulai menyewakan ponsel dengan mobilnya, tentu saja, ini merupakan gebrakan besar karena terjadinya di tahun 1998 dimana pada waktu itu inovasi ponsel masih eksklusif.
-           NeverLost Onboard. Beberapa mobil Hertz dilengkapi dengan GPS. Yang menyediakan rute sebagai panduan jalur-jalur ke berbagai arah. Informasinya ditampilkan pada sebuah monitor dengan computer yang dioperasikan dengan perintah suara. Sebuah sistem map elektronik yang dikombinasikan dengan GPS, memudahkan anda untuk melihat posisi anda saat itu pada map dan kemana anda akan pergi. Tersedia juga informasi pelanggan tentang lokasi rumah sakit terdekat, SPBU, restoran, dan daerah wisata yang tersedia.
-          Additional customer services. Pelanggan Hertz dapat mendownload city guide, petunjuk lokasi Hertz, nomor telepon, map kota, petunjuk perbelanjaan bahkan dapat review restaurant, hotel dan informasi hiburan ke dalam PDA mereka dan perangkat wireless lainnya. Tentu saja jalur-jalur kemudi juga disediakan.
-                Lokasi mobil. Hertz melakukan percobaan dengan sebuah system pengideraan mobil berbasis GPS. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengetahui dimana keberadaan mobil rental kapanpun informasi itu dibutuhkan, dan bahkan informasi kecepatan kendaraan saat dikemudikan pun bisa diketahui. Meskipun perusahaan berjanji akan memberikan potongan harga, hal ini dianggap sebagai pelanggaran hak pribadi oleh banyak orang. Di sisi lain, sebagian lainnya merasa aman mengetahui bahwa Hertz dimana mereka berada setiap saat.
-                  Wi-Fi connection. Akses internet kecepatan tinggi tersedia di area rental Hertz di semua bandara-bandara utama yang dilayani oleh Hertz di Amerika Serikat.

Sumber: dikompilasi dari hertz.com (diakses pada April 2008 dan Martin (2003)

Pertanyaan minicase
1.  Yang manakah dari aplikasi-aplikasi ini yang merupakan intra-bisnis secara alami?
2.   Identifikasi aplikasi yang berorientasi financial dan pemasaran.
3. Apa keuntungan Hertz dengan mengetahui dimana posisi tiap-tiap mobilnya? Sebagai seorang penyewa, bagaimana menurut anda tentang kemampuan ini?
4.   Sisi kompetitif apa yang dapat diperoleh Hertz dari system-system tersebut?

 JAWABAN : 

1. Yang merupakan aplikasi intra-bisnis secara alami yaitu quick rental dan instan return. Hasil atau output sistem informasi akan baik jika datanya baik. Ketika data tidak akurat dan/tertunda, keputusan menggunakan data tersebut bukanlah yang terbaik seperti pada perusahaan rental hertz dengan adanya aplikasi Instant returns yaitu sebuah perangkat genggam yang terhubung ke database melalui system wireless untuk mempercepat transaksi pengembalian yang dapat mempercepat dan meningkatkan arus informasi sehingga dapat memberikan efisiensi waktu pelanggan . Begitu juga dengan quick rental mengkonfirmsikan reservasi anda, dan mengirim nama anda secara nirkabel ke tempat rental sehingga keseluruhan proses manajemen menjadi lebih efisien

2. Aplikasi yang berorientasi pemasaran adalah Quick Rentals , in-car cellular phones,neverlost onboard, additional customer services, wifi connection dan aplikasi yang berorientasi financial adalah instan return

3. Keuntungan Hertz dengan mengetahui dimana posisi tiap-tiap mobilnya, yaitu :
a. Hertz adalah percobaan dengan GPS-locating mobil berdasarkan sistem. Hal ini akan memungkinkan perusahaan untuk mengetahui di mana mobil rental pada suatu waktu. Ada berbagai manfaat untuk mengetahui secara tepat di mana masing-masing mobil. Jika pada hari tertentu mobil tidak kembali dan dijadwalkan akan dijemput oleh pelanggan lain, Hertz akan dapat menemukan lokasi mobil.
b. Jika kecelakaan terjadi, sistem dapat membantu dalam hertz dengan segera dapat mengetahui lokasi terjadinya kecelakaan.
c. dapat membantu badan-badan penegak hukum pidana jika mobil yang disewa oleh pelanggan melakukan tindak kejahatan
 Menurut pendapat kami, penggunaan aplikasi GPS pada mobil rental hertz sangat membantu pelanggan dalam hal keamanan karena dengan adanya GPS pelanggan yang mungkin melakukan perjalanan jauh dapat diketahui keberadaannya setiap saat.

4. Sisi kompetitif yang diperoleh hertz dari sistem-sistem yang diterapkan dalam perusahaannya yaitu dilihat dari teknologi informasinya, setiap teknologi yang dipergunakan oleh pelaku bisnis selalu memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan tersebut meskipun kemudian perusahaan kompetitor berusaha untuk menyamai keunggulan teknologi tersebut. Di samping itu,perusahaan harus mampu menjalankan teknologi informasi pada unit pembiayaan yang rendah agar teknologi informasi tersebut bisa menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar