Senin, 04 Februari 2013

Konsep Option (Opsi)



Ini adalah catatan kecil atau konsep yang saya gunakan pada saat presentasi kelompok mata kuliah pasar modal, memang tidak tersusun rapi soalnya saya hanya mengambil yang penting-penting yang kemungkinan bakal jadi pertanyaan teman-teman diskusi lainnya.

Semoga Bermanfaat ^_^

Guna option sebenarnya adalah untuk proteksi.  Jika Anda punya suatu saham dan Anda takut saham tersebut akan turun nilainya dalam beberapa bulan ke depan (spesifik), Anda bisa membeli opsi jual agar Anda bisa menjual saham Anda di harga sekarang.  Jika option tersebut tidak terpakai, ya sudah, namanya juga asuransi, saham Anda tetap ada dan naik nilainya (tidak jadi jatuh).


Biasanya 1 kontrak opsi mewakili 100 lembar saham dan mempunyai jangka waktu tertentu.

Keuntungan menggunakan opsi ialah kita bisa membeli suatu saham hanya dengan menggunakan modal yang tidak begitu besar, jadi kita hanya membeli nilai kontraknya saja selain itu keuntungan yang di peroleh juga lebih besar dari pada kita membeli sahamnya secara langsung hanya saja perbedaannya dalam opsi kita mempunyai batas waktu tertentu sedangkan pada saham kita tidak mempuyai batas waktu untuk menjualnya kembali.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh investor dalam berinvestasi di Kontrak Opsi Saham. Kontrak Opsi Saham memberikan fungsi lindung nilai terhadap saham acuan.
Dengan dana investasi yang sama atau relatif kecil, persentasi keuntungan yang dapat diperoleh relative lebih besar dibandingkan dengan saham.
Dengan adanya produk KOS, investor memiliki pilihan untuk menempatkan dananya dalam berbagai jenis intrumen yang pada akhirnya bertujuan untuk mengurangi tingkat risiko dengan diversifikasi.
KOS memberikan flaksibilitas waktu bagi investor, sehingga diharapkan dapat mengambil keputusan investasi yang tidak terburu-buru dan lebih rasional. Karena dengan berinvestasi di KOS, harga beli atau harga jual saham sudah dikunci harganya.
Investor memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan pada setiap situasi pasar bila tepat memilih strateginya. Jika investor memperkirakan harga cederung naik, dapat dipertimbangkan untuk membeli call option. Sebaliknya, bila investor memperkirakan harga turun, dapat mempertimbangkan untuk membeli put option.

Anda membeli saham Exxon pada harga $35.00 perlembar,  sedangkan kontrak opsinya sebesar $0.55 ; Jadi untuk 1 kontrak opsinya anda hanya mengeluarkan  modal = 1(kontrak) x 100 x $0.55 = $55 , sementara untuk membeli saham tersebut anda harus mengeluarkan modal sebesar $35 x 100 (1 lot) = $3500. Apabila harga saham tersebut naik menjadi $37 perlembar maka keuntungan yang diperoleh sebesar $3700-$3500 = $200 , sementara untuk opsi kita mendapatkan keuntungan dari 0.55 menjadi 2.55 (karena harga saham naik sebesar $2). Sehingga harga nilai opsi kita menjadi 1 x 2.55 x100=$255, Keuntungan yang kita peroleh sebesar $200. Bayangkan dengan modal sedikit kita mendapatkan untung yang sama. Artinya investasi yang kita tanam telah berkembang sebesar 400% hanya dengan mengeluarkan modal $55 untuk setiap kontrak opsi. Bagaimana kalau kita membeli 10 kontrak opsi saat itu??? Anda bisa bayangkan keuntungan yang bisa diperoleh dengan modal $550 menjadi $2550, kita untung sebesar $2000.
MEKANISME PERDAGANGAN OPSI
_ Pada perdagangan opsi, ada sejenis lembaga kliring opsi (Option Clearing Corporation/OCC) yang berfungsi sebagai perantara antara broker yang mewakili pembeli dengan pihak yangmenjual opsi.

STRATEGI PERDAGANGAN OPSI
_ Dalam strategi perdagangan opsi, investor yang mempunyai ekpektasi bahwa harga saham akan mengalami kenaikan, akan membeli call option dan
atau menjual put option.
_ Sebaliknya, jika investor berharap bahwa harga saham akan turun maka investor akan membeli put option dan atau menjual call option

NAKED STRATEGY
_ Naked strategy merupakan strategi perdagangan opsi yang memilih satu dari empat posisi di atas, yaitu sebagai pembeli call, penjual call, pembeli put ataukah penjual put option.
Prakiraan kondisi pasar Strategi
Sangat baik                Membeli call option
Agak baik                   Menjual put option
Agak buruk                Menjual call option
Sangat buruk             Membeli put option

HEDGE STRATEGY
_ Dalam hedge strategy, investor selain mengambil satu posisi dalam perdagangan opsi, ia juga mengambil posisi yang lain dalam perdagangan saham yang dijadikan patokan dalam opsi tersebut.
_ Tujuan strategi ini adalah untuk mengurangi kerugian jika terjadi
pergerakan harga tidak sesuai dengan yang diharapkan.

STRADDLE STRATEGY
_ Straddle strategy dilakukan dengan cara membeli atau menjual, baik berupa call option maupun put option yang mempunyai saham patokan, expiration date dan strike price yang sama.
_ Penerapan strategi ini akan melibatkan dua opsi yang memiliki karakterstik yang sama, tetapi di antara kedua opsi tersebut, salah satunya adalah call option dan yang lainnya adalah put option.


2 komentar:

  1. Tuan Mamad membeli sebuah opsi jual Amerika sedangkan Tuan Anan menerbitkan opsi beli Amerika untuk saham yang sama, PT Mascara (diperdagangkan pada harga $40 per lembar). Mamad membayar $2,75 untuk opsi tersebut dengan harga exercise $38 dan Anan menjual opsi senilai $3,75 dengan strike price $42. Jika harga saham tersebut adalah $43, hitunglah nilai intrinsik opsi beli tersebut serta potensi kerugian dan keuntunfan Pada Tuan Mamad dan Tuan Anan!

    BalasHapus